Saturday, October 3, 2020

Recount Text : Definisi, Bagian, Ciri-ciri, Contoh dan Soal Latihan

Assalamualaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

Pernahkah kalian memiliki pengalaman yang menarik pergi ke suatu tempat atau melakukan aktifitas yang tidak terlupakan dan menceritakannya kembali ke teman-teman kalian? kalp pernah maka kalian sudah mengenal sebuah genre text bahasa Inggris yaitu Recount Text. Silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini agar kalian lebih paham tentang teks yang satu ini.

Definition (Pengertian)

Recount Text is text which tell about an event or series of events.
Dengan kata lain, Recount merupakan sebuah teks dalam bahasa inggris yang menceritakan pengalaman ataupun kejadian di masa lalu yang telah dialami.

Macam-Macam Recount Text
Recount dibagi menjadi 3, yaitu :

1) Personal Recount
     Recount yang menceritakan pengalaman pribadi di masa lalu.

2) Factual Recount
     Merupakan bentuk recount yang menceritakan fakta-fakta yang telah terjadi di masa lampau.

3) Imaginative Recount
     Yaitu Recount yang berdasarkan hayalan atau imaginasi.

Social Function (Tujuan komunikatif)

1. To retell a sequence of past events
    menceritakan kembali rangkaian peristiwa atau aktifitas yang terjadi di waktu lampau yang pernah
    di alami sebelumnya.

2. To entertain or to inform the reader about someone's experience in the past.
    menceritakan suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu dengan tujuan untuk
    menghibur (entertain) dan menginformasikan (inform) pembaca.

Generic structure (Struktur umum teks)

1. Orientation (pembukaan)
    berisi pendahuluan atau perkenalan tentang pengalaman/peristiwa yang terjadi, tokoh yang terlibat,
    tempat, waktu terjadinya peristiwa.

2. Events (peristiwa)
    berisi rangkaian peristiwa sesuai dengan urutan kejadiannya dari awal hingga akhir.

3. Reorientation (penutup)
    Biasanya berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si
    pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Language Features (unsur kebahasaan):

1. Using past tense (kata kerja bentuk lampau dan tobe past tense: was, were)
    contoh : went, brought, arrived, ate, wore.

2. Introducing personal participants (memperkenalkan orang dalam teks)
    contoh : I, My family, my friend

3. Using action verbs (menggunakan kata kerja tindakan)
    contoh : spent, went, brought, slept.

4. Using conjunction and temporal connectives (kata penghubung dan frase yang menyatakan waktu)
    contoh : then, before, after that, after a while, first, last, finally.

4. Using adverb of time and place (kata keterangan tempat dan waktu)
    contoh : yesterday, at the school, seriously, last week.

Contoh Recount Text tentang Pergi Berenang

In the Swimming Pool

Last week I went to the swimming pool with my brother. by bicycle. I brought my bag which
is full by the things I need in the swimming pool such as clothes, towel, soap and some snacks.

When we arrived there, I changed my clothes into swimsuit then I did a little warming up before
got into the pool. After we swam for an hour, I feel hungry. I got out from pool and ate my snack that
I brought from home. After that I continue swimming in the swimming pool. I swam in the swimming pool with my brother about two hours. After that we went to bathroom to rinse our body. I used shampoo to clean my hair and soap to clean my body. After that I used towel to dry my body and wore my clothes. Then I combed my hair. I put all the wet clothes into the plastic bag so that my bag would not get wet by water. Finally my brother and I went home happily.

Terjemahan:
Di Kolam Renang

Minggu kemarin aku pergi ke kolam renang bersama kakakku. Aku membawa tas yang penuh dengan bawaan kebutuhanku saat di kolam nanti seperti pakaian, handuk, sabun dan beberapa makanan ringan.

Ketika kami sampai disana, aku mengganti pakaianku dengan pakaian renang. Kemudian
aku melakukan sedikit pemanasan sebelum aku menceburkan diri ke kolam renang. setelah satu jam berenang, aku merasa lapar. Aku keluar dari kolam dan memakan camilan yang kubawa dari rumah. Setelah itu aku kembali melanjutkan berenang. Aku berenang di kolam renang bersama kakakku
sekitar dua jam. Setelah itu kami pergi ke kamar mandi dan membilas tubuh. Aku memakai sampo untuk membersihkan rambutku dan sabun untuk membersihkan tubuhku. Setelah itu aku memakai handuk untuk mengeringkan tubuh dan berganti pakaian. Kemudian aku menyisir rambutku. Aku memasukkan baju basah kedalam plastik kresek, jadi tasku tidak akan basah terkena air. Akhirnya aku dan kakakku pulang kerumah dengan bahagia.

Recount Text tentang Camping
Camping

Two weeks ago, my family and I went camping in Silancur highland. The place is located in Dadapan Hamlet, Mangli Village, Kaliangkrik District, Magelang Regency, Central Java. We left
home at two p.m by car. It took about three hours to reach the place.

We arrived there at five p.m and looked for our tent which we have booked the tent two days before. We put our goods in the tent and the we prayed maghrib beside our tent. My mother told us to wear jacket because the weather was so cold there. At seven my mother prepare meal that she prepare from home then we had dinner together in front of our tent. After dinner we pray isya then we walked around the hill, we took photos there because the view was very beautiful at night. sometimes fog comes and goes. The weather was very cold when the fog came. The night got more festive because more people came to the hill to see beautiful scenery and took photos too. at ten p.m we came back to our tent and went sleep.

Next day, we woke up earlier at four a.m to see the sun rise, we were so amazed to see it directly through the mountain. While enjoying the sun rise view, my mother prepared breakfast. After that, we walked around to make video about our holiday there. We also took pictures in many beautiful spot and view in the morning. My younger brother looked very happy to see the mountain view. Around ten a.m we took our our goods and prepared for went home.

We felt so happy because this is the first time we went camping with family in the mountain. Many experiences we got there and I hope can get there again next time.

Terjemahan:
Pergi Berkemah

Dua minggu yang lalu aku dan keluargaku berkemah di dataran tinggi Silancur. tempatnya terletak di dusun Dadapan, desa Mangli, kecamatan Kaliangkrik, kabupaten Magelang Jawa Tengah.
kami berangkat jam dua mengendarai mobil dan butuh waktu sekitar tiga jam untuk tiba disana.

Kami tiba disana jam lima sore dan mencari tenda yang sudah kami pesan dua hari sebelumnya. Kami meletakkan barang bawaan ke dalam tenda kemudian sholat maghrib di samping tenda kami.
Ibu menyuruh kami memakai jaket karena udara disana sangat dingin. Pada jam tujuh malam ibu menyiapkan makan malam yang sudah disiapkan dari rumah sebelumnya lalu kami makan malam bersama didepan tenda. Setelah makan malam kemudian kami sholat isya dan berjalan-jalam mengelilingi bukit melihat pemandangan sekitar. kami berfoto disana karena pemandangannya sangat indah pada malam hari. terkadang kabut datang dan pergi. cuaca menjadi sangat dingin ketika kabut datang. Malam semakin meriah karena semakin banyak orang naik ke bukit untuk menikmati pemandangan dan berfoto juga seperti kami. jam sepuluh malam kami kembali ke tenda dan tidur.

Keesokan harinya kami bangun lebih awal jam empat pagi untuk melihat matahari terbit, kami sangat kagum melihatnya. Sambil menikmati matahari terbit, ibuku menyiapkan sarapan. Setelah itu kami berjalan-jalan berkeliling sambil membuat video liburan kami disana. Kamin juga berfoto di beberapa tempat yang indah. Adikku terlihat sangat gembira melihat pemandangan gunung. Sekitar
jam sepuluh pagi kami mengemasi barang-barang dan bersiap untuk pulang.

Kami merasa sangat senang karena ini pertama kalinya pergi berkemah bersama keluarga di gunung. Banyak pengalaman yang kami dapatkan disana. Aku berharap bisa kesana lagi lain kali.

LATIHAN SOAL

1. The text tell us about …
    A. the writer’s trip to Kaliangkrik
    B. the writer’s first visit to Magelang
    C. the writer’s impression about the Mangli village
    D. the writer’s camping experience in Silancur Highland

2. The writer’s intention to write the text to …
    A. to tell about past events
    B. to entertain the reader about history
    C. to inform the reader about today's events
    D. to tell about the location of Silancur highland

3. The main idea of the second paragraph is ...
    A. the writer's holiday in Magelang
    B. the writer's family activity in the evening
    C. the writer make video about his activity there
    D. the location of Silancur higland is in Magelang district

4. Where did the writer spend his holiday?
    A. in Mangli village
    B. in Magelang district
    C. in Silancur highland
    D. in Mahameru mountain

5. When did the writer and family go home?
    A. at ten in the morning
    B. at seven in the morning
    C. at five in the afternoon
    D. at two in the afternoon

Cukup sekian materi bahasa inggris mengenai recount text  kali ini, semoga dapat membantu pembelajaran kalian dalam mengenal genre text dalam bahasa inggris. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan share dan berikan komentar kepada kami agar kami bisa membuat konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and see you...