Assalamualaikum warrahmatullahiwabarrakatuh.
Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran PPG Kemenag Tahun 2022. Untuk membantu persiapan
bapak ibu semua mengahadapi ujian, saya share soal-soal Pre test Kemenag. Selanat belajar ....
1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap …
A. Tahap sensomotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2.
Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara
efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun
tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi
bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis
bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3.
Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang
pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)
4.
Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat
dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode
criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0
atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus
tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah
lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa
yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita
kesulitan belajar lain)
5.
Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar
dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang
mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata
pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6.
Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah
Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan
selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin
Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan
pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria
dan ukuran baku keberhasilan
7.
Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran
interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8.
Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai
dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional,
dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya
yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa
faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9.
Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan
pendekatan saintifik, Artinya yaitu……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk ,
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang
harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu
dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan
mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif,
saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan (sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku
(stakeholders) untuk menjamin relevansi
pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan
kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut
diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11. Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12. Upaya
guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman
belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun
pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang
dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13. Upaya
merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang
lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang
sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang
berbeda
14. Yang
di maksud dengan penilaian adalah …
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15. Bentuk
penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di
sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16. Pendidik
melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun
instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17. Lingkup
penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap
sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18. Aspek
yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap
19. Konsep
menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk
menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20. Guru
memebentuk kelompok kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok
. Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu
sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok
tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran
tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)
soal selanjutnya...
Sumber : Jalur PPG.id
Demikianlah soal Pre test PPG Tahun 2022. Semoga beruntung dan sukses ...
Wassalamualaikum warrahmatullahiwabarrakatuh.
No comments:
Post a Comment