Wednesday, July 21, 2021

Expressing Apology : Penjelasan, kosakata, dialog dan soal latihan 2021

Assalamualaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

Sebagai manusia pasti kita pernah melakukan kesalahan yang menyebabkan seseorang tidak nyaman dan terganggu bahkan mungkin terluka hatinya oleh karena itu kita harus meminta maaf kepadanya. Lalu bagaimana cara mengungkapkan permohonan maaf? Dan bagaimana cara menerima permintaan maaf? dalam blog ini saya admin akan memberikan pemaparan mengenai unkapan permohonan maaf atau dalam bahasa Inggris sering Disebut Expressing an Apology.

Expressing Apology adalah suatu cara menyampaikan ekspresi ungkapan permintaan maaf
dalam bahasa inggris yang tentunya banyak variasi kalimatnya sesuai dengan konteks dan
situasinya dalam hal ini :

  1. Menawarkan permintaan maaf atau alasan untuk beberapa kesalahan, penghinaan, kegagalan
    atau luka.

    Contoh : Hendra apologized for leaving her in the theater. 
                  (Hendra meminta maaf karena meninggalkannya di bioskop) 

  2. Digunakan sebagai pembelaan dalam pidato atau penulisan formal
    Contoh : I apologize for my being mistakes to you.
                   (saya minta maaf atas kesalahan yang saya buat kepadamu)

  3. Digunakan untuk meminta maaf atas kealahan yang dibuat sehingga mengakibatkan seseorang tidak merasa nyaman atau tidak bahagia.
    Contoh : I’d like to apologize for my trouble making.
                  (aku mau minta maaf atas musibah yang telah ku buat)

Berikut adalah beberapa contoh ekspressi yang biasa digunakan untuk meminta maaf dalam

situasi non formal:

  • I do apologize for… aku sangat minta maaf atas……
  • I must apologize for… aku harus minta maaf atas ….
  • I apologize for…aku minta maaf atas ….
  • I’d like to apologize for…saya akan minta maaf atas ….
  • I am so sorry for… aku sangat mohon maaf atas ….
  • I shouldn’t have… aku seharusnya tidak…
  • I’m very sorry for / that …
  • I apologize if I …
  • I apologize for (+ ing form of verb)
  • It’s all my fault. ini semua adalah kesalahn ku.
  • I’m ashamed of…aku malu atas ....
  • Please, forgive me for… tolong maafkan aku atas ….
  • Excuse me for … maafkan aku atas ….
  • I’m terribly sorry for...Saya minta maaf atas…
  • Pardon me for this… maafkan aku atas semua ini…
  • Please, forgive me for my…. tolong maafkan aku atas ….ku.
  • Please, accept my apologies for…tolong terimalah permintaan maaf ku atas …..
Berikut ini ekspressi yang biasa digunakan untuk meminta maaf dalam situasi formal:
  • Sorry.
  • I’m (so / very / terribly) sorry.
  • Ever so sorry.
  • How stupid / careless / thoughtless of me.
  • Pardon (me)
  • That’s my fault.
  • Sorry. It was all my fault.
  • Please excuse my (ignorance)
  • Please don’t be mad at me.
  • Please accept our (sincerest) apologies.

 Penjelasan

 

1. Sorry.
    Ini adalah permintaan maaf yang sangat umum, sederhana dan dibanyak situasi, kita dapat
    menggunakannya dimana dan kapan saja. namu sorry ini adalah jenis permintaan maaf yang
    kurang kuat atau bermakna kurang serius.
   
Contoh :  When we bump into someone on the street (“Sorry!”)
                    Ketika kita bertemu seseorang di jalan

                    When we want to get someone’s attention (to go past them on a train. “Sorry, excuse me”)
                    Ketika kita ingin perhatian seseorang (misalnya untuk melewati mereka di kereta api.
                    “Maaf, excuse me”)

                    
                    When we are sympathising with someone (“I’m sorry to hear that”)
                    Ketika kita sympathising dengan seseorang (misalnya “Aku menyesal mendengar bahwa”)

                    When we know we have done something wrong (“Sorry I’m late”)
                    Ketika kita tahu kita melakukan sesuatu yang salah (misalnya “Maaf aku terlambat”)

2. I’m so / very / extremely / terribly sorry.
    mirip dengan “sorry“ tetapi menambahkan kata tambahan yang membuat arti lebih kuat.

  • I’m so sorry I didn’t come to your house yesterday.
    Saya sangat menyesal saya tidak datang ke rumah mu kemarin.

  • I can’t believe I forgot the tickets. I’m terribly sorry!”
    Aku tidak percaya saya lupa tiket. Saya minta maaf!

3. How careless of me!
    Frasa ini digunakan ketika kita mengkritik dirisendiri karena membuat kesalahan.
    contoh : I just broke a glass, how careless of me! I’ll buy you a new one.
                  aku baru saja memecahkan gelas itu, cerobohnya aku, aku akan menggantinya dengan
                  yang baru.


4. I shouldn’t have…
    Kita menggunakan ini ketika kita menyadari bahwa kita melakukan sesuatu yang kita tidak boleh
    melakukannya dan sekarang kita menyesal.
    contoh : I shouldn’t have shouted at you last night. I didn’t mean what I said.”
                  seharusnya Saya tidak boleh berteriak pada kamu tadi malam. Aku tidak bermaksud begitu

5. It’s all my fault.
    Kita menggunakan ungkapan ini saat kita ingin mengambil tanggung jawab untuk sesuatu.
    contoh : It’s all my fault we missed the train. I should have woken up earlier.
                  Semuanya salah ku sehingga kita ketinggalan kereta.seharusnya aku bangun lebih awal.

6. Please don’t be mad at me.
    Ini adalah frase informal yang kita gunakan ketika kita telah melakukan sesuatu yang salah dan
    kita tidak ingin orang lain untuk marah dengan kita.
    contoh : Please don’t be mad at me but I have to cancel our plans this weekend.
                  Jangan marah pada saya tetapi saya harus membatalkan rencana kami akhir pekan ini.

7. I hope you can forgive me / Please forgive me.
    Digunakan untuk meminta maaf kepada seseorang kerena kita sudah membuatnya kecewa.
    contoh : I acted awfully last night and I know I embarrassed you. I hope you can forgive me.”

8. I cannot say/express how sorry I am.
    Ini adalah cara yang sangat kuat untuk mengatakan Maaf. Kami menggunakan ini ketika kita
    tahu kita melakukan sesuatu yang sangat salah dan kami tidak dapat menemukan kata yang tepat  
    untuk meminta maaf.”
    contoh : I cannot express how sorry I am for telling George your secret. I had no idea he would
                  break up with you.
                  Aku tidak bisa mengungkapkan betapa aku menyesal untuk memberitahu George
                  rahasiamu. Aku tidak tahu dia akan putus denganmu.


9. I apologise for… / I’d like to apologise for…
    Ini adalah cara yang lebih formal berkata maaf. Biasanya Anda mendengar itu di situasi
    formal bisnis atau email.
    contoh : I apologise for the delay in replying to your letter.
                  Saya minta maaf atas keterlambatan dalam menjawab ke surat mu.

10. Please accept my (sincere) apologies.
      Ini adalah cara yang sangat formal untuk meminta maaf, terutama ketika kata ‘tulus’
      disertakan. Hal ini biasanya digunakan dalam Surat-surat resmi.
      contoh : "I beg your pardon …" .lebih formal dar ipada ‘Excuse me, …

Example Dialogues

Person 1: Excuse me, do you know what time it is?
Person 2: Yes, it’s two o’clock.

Person 1: I beg your pardon. Would you mind helping me a moment?
Person 2: Certainly. What can I do to help?

Person 1: I’m very sorry for stepping on your foot!
Person 2: Don’t worry about it. It’s very crowded on this train.

Person 1: I apologize for my mistakes on this quiz.
Person 2: That’s why you take quizzes – to learn!

 

Dialogue I

Tamara  : Excuse me for being late to work.
Mulan   : Where have you been?
Tamara  : My car broke down.
Mulan   : That’s too bad. Please try to fix it so that it doesn’t happen again.
Tamara  : Yes, I’ll work on it.
Mulan   : Thank you, have a seat. We are working on the new project
Tamara  : Great! Fill me in.


Terjemahan:
Tamara   : Maaf karena terlambat untuk bekerja.
Mulan    : kemana saja kau?
Tamara   : Mobil saya mogok.
Mulan     : Itu buruk sekali.Tolong perbaiki mobilmu supaya tidak terjadi lagi kejadian seperti ini.
Tamara   : Ya, saya akan memperbaikinya.
Mulan    : Terima kasih, duduklah di kursi. Kami sedang bekerja pada proyek baru
Tamara   : Luar biasa! Masukkan aku ke dalam proyek itu.

                            Vocabularies (kosa kata) Expression of Apologizing


Adj. = adjective / kata sifat
v. = verb/ kata kerja
n. = noun / kata benda


Play a prank on (someone)         = Menjahili, mengerjai (seseorang) (v).
Lunch box                                   = kotak makan siang (n).
Desk                                            = meja (n)
Break time                                   = waktu istirahat (n)
In panic                                        = menjadi panik (adj).
Missing                                        = menghilang, hilang (adj)
I will pass                                    = aku tidak ikut (v)
That’s too bad                              = sayang sekali
…by myself                                 = seorang diri (diri sendiri)
Bump into                                    = menabrak (v).
In a rush                                       = terburu-buru
notice                                           = melihat, menyadari (v).
Startled                                        = terkejut (adj)
Stand before                                = berdiri di depan (v)
All of a sudden                            = tiba-tiba
busted                                          = ketahuan (berbuat sesuatu dsb) (adj)

Demikian materi tentang Expressing Apologizing semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam belajar. Semoga sukses...

Wassalamualaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

No comments:

Post a Comment

Contoh sambutan wali murid dalam acara wisuda TK Masyitoh Pijenan

Berikut ini adalah contoh sambutan wali murid yang saya sampaikan dalam acara wisuda TK anak saya di TK Masyitoh Pijenan Bantul. Assalamu’al...