Saturday, June 20, 2020

Expressing Happiness

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Ada banyak ungkapan perasaan di dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah perasaan gembira/bahagia (Expressing Happiness).

Bahagia adalah sebuah emosi yang menunjukkan bahwa kita merasa senang. Untuk mengungkapkan perasaan bahagia bisa dalam berbagai bentuk. Contohnya dalam bentuk words (kata-kata), facial expression (mimik muka), dan gestures (gerak tubuh). Apapun bentuk dari kebahagiaan tersebut yang paling penting adalah pesan dari ungkapan tersebut.

                             Expressing Happiness 
                        (Ungkapan kegembiraan)

Expressing happiness is an expression that is used to show that someone are glad or have excited feelings. Ungkapan rasa kegembiraan (expressing happiness) adalah suatu ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan kepada seseorang bahwa seseorang merasa senang.

Setiap orang mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengungkapkan kebahagiaan yang mereka rasakan contohnya dalam bentuk kata-kata (words), mimik muka (facial expression, atau dengan gerakan tubuh (gestures). Misalnya ketika bahagia orang akan cenderung tersenyum dan wajahnya berseri-seri.

Berikut ini adalah ungkapan-ungkapan yang sering digunakan, antara lain:




 

 Berikut contoh kalimat menggunakan ungkapan kegembiraan:

 1. I am happy because I won a dancing contest.
     Saya bahagia karena saya memenangkan perlombaan menari.

 2. It’s really great! I really enjoy the facilities in this office.
     Luar biasa! Saya sangat menikmati fasilitas-fasilitas di kantor ini.

3. I am pleased to know that you have already got married with her now.
    Saya senang mengetahui bahwa kamu sudah menikah dengannya sekarang.

4. You did a great job!
    Kamu melakukan kerja yang bagus!

5. I am so happy because my cousin come here.
    Saya sangat senang karena sepupuku datang kesini.

6. It's an interesting experience.
    Itu adalah pengalaman yang luar biasa

7. You make me happy. I will never forget this memory.
    Kamu membuatku bahagia, Saya tidak akan pernah melupakan kenangan ini.

8. I’m so glad that you got the first rank in our school.
    Saya sangat senang bahwa kamu meraih juara pertama di sekolah kita.

9. Concert last night was fantastic, I am very Happy.
    Konser semalam luar biasa, aku sangat senang.

10. I can’t say how happy I am because graduated in this year.
      Aku tidak bisa mengatakan betapa bahagianya karena aku lulus tahun ini.

Contoh expressing happiness (ungkapan kebahagiaan) dalam percakapan:

Dialog 1

Sally   : Hi, Sarah. How are you?
Sarah : Well, I am fine. I feel that my life becomes happier after getting married.
Sally   : Great! I am happy to hear that.
Sarah : Yes, Sally. I am very happy. I never felt something like this before.
Sally   : How lucky you are!
Sarah : Yeah. I am so lucky to have George as my husband. He is handsome, 

             smart, attentive.
Sally   : You must always faithful to him.
Sarah : I will do. I love him so much. Well, how about you?
Sally   : My husband and I got a gift this month. I am pregnant. It’s been 4 months.
Sarah : Wow. Congratulation, Sally.
Sally   : Thank you, Sally. I think I must go now.
             My husband has waited for me at the parking area.
Sarah : Send my regards to your husband. See you next time.
Sally   : See you, Sarah


Dialog 2

Sonny : Indra, do you know that our class is the first winner in the festival ?
             (Indra, apakah kamu mengetahui bahwa kelas kita menjadi juara dalam festival?)
 

Indra   : I have not known it, who told you about that news?
             (aku belum mengetahuinya, siapakah yang mengatakan berita itu?)

Sonny : Mrs. Yuli told me when I met her in teacher room.
             (bu Yuli sewaktu aku menemuinya di ruangan guru)

Indra   : Great! it makes us happy
             (bagus sekali, ini membuat kita bahagia)

Sonny : I am happy to hear that
             (aku bahagia mendengarnya)

Indra  : Lets tell to our classmates
            (ayo beritahu teman-teman sekelas kita)

Setelah mengetahui pengertian dari ungkapan bahagia dan juga contoh kalimatnya dalam bahasa inggris, ada baiknya melatih kemampuan kita dengan mengisi soal latihan dibawah ini.



Translate these sentences into English!  

1. Aku sangat senang karena orangtuaku membelikanku motor baru.
    Answer : _____________________________________________

2. Aku senang karena anak-anakku mendapatkan nilai bagus. 
    Answer : _____________________________________________

3. Sungguh perjalanan yang sangat luar biasa bersama keluargaku. 
    Answer : _____________________________________________

4. Aku senang bisa merayakan pesta ulang tahunku bersama teman-temanku.
    Answer : _____________________________________________ 

5. Aku menikmati waktu yang menyenangkan di rumah nenekku)
    Answer : _____________________________________________


Nah, sekarang kamu jadi tahu kan bagaimana caranya mengungkapkan kebahagiaan dalam bahasa inggris. kamu dapat mempraktekkannya dengan teman dekatmu. Don’t be afraid to make mistake (jangan takut salah) ketika belajar sesuatu.


Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

No comments:

Post a Comment

Contoh sambutan wali murid dalam acara wisuda TK Masyitoh Pijenan

Berikut ini adalah contoh sambutan wali murid yang saya sampaikan dalam acara wisuda TK anak saya di TK Masyitoh Pijenan Bantul. Assalamu’al...